Lihatnya pelan - pelan saja , Monggo di nikmati ... Matur nuwun .

Kamis, 22 November 2012

Metode CPTT
(Ceramah Plus Tanya Jawab dan Tugas)
  1. Pengertian
Metode ini adalah metode mengajar gabungan antara ceramah dengan tanya jawab dan pemberian tugas.
  1. Metode campuran ini idealnya dilakukan secara tertib, yaitu:
1). Penyampaian materi oleh guru.
2). Pemberian peluang bertanya jawab antara guru dan siswa.
3). Pemberian tugas kepada siswa.
  1. Metode CPTT dalam materi Hiwar (Percakapan)
Dalam Hiwar, guru bercakap-cakap dengan siswa atau siswa bercakap-cakap dengan siswa lainnya. Hal ini dimaksudkan/ memiliki tujuan agar siswa dapat melakukan percakapan dalam bahasa Arab. Sesuai dengan metode yang digunakan diatas, maka langkah-langkah yang dapat ditempuh adalah sebagai berikut.
  • Guru menjelaskan dengan singkat isi atau jalan cerita hiwar yang akan dipelajari. Penjelasan tersebut dapat diberikan dalam bahasa Arab atau bahasa Indonesia. Misalnya, seorang guru berkata kepada siswanya, “Dalam hiwar ini, Ahmad berkenalan dengan Zainuri,” atau “Dalam hiwar ini, Khusnul mengenalkan teman barunya kepada Fitri,” dsb.
  • Guru mengucapkan materi hiwar kalimat per kalimat. Sementara itu, siswa menyimaknya (mendengarkan) dengan penuh perhatian. Kegiatan ini bertujuan untuk memberikan pemahaman kepada siswa tentang hiwar tersebut secara umum. Dalam hal ini siswa akan cepat memahaminya dengan baik apabila ia telah menguasai kosakata (mufradat) yang diberikan sebelumya pada bab yang telah ia pelajari.
  • Guru mengucapkan materi hiwar kalimat per kalimat dan siswa segera menirukannya. Kemudian, guru mengulangi kegiatan tersebut dan ditirukan oleh siswa secara berkelompok. Kelompok ini bisa per bangku atau dibagi antara siswa laki-laki dan siswa perempuan dahulu yang menirukan bacaan dari seorang guru. Kemudian, guru juga dapat menyuruh siswa mempraktikkan secara perorangan (individu) sesuai dengan waktu yang tersedia.
  • Guru menjelaskan makna materi hiwar dengan cara tanya jawab, isyarat, atau peragaan sebagaimana yang digunakan ketika menjelaskan makna mufradat baru kepada siswa.
  • Sementara untuk tugasnya adalah siswa melakukan hiwar secara berpasangan di depan kelas dengan bimbingan guru. Hal ini dilakukan siswa secara bergantian sesuai waktu yang tersedia.
  1. Perangkat pembelajaran.
Perangkat pembelajaran (media) yang digunakan antara lain*:
  • Papan tulis, yaitu materi hiwar dituliskan oleh guru di papan tulis. Penggunaan media ini dilakukan apabila materi hiwar tersebut tidak terlalu banyak.
  • Lembaran yang berisi materi hiwar, penggunaan media ini dilakukan apabila materi hiwar tersebut banyak/ panjang. Hal ini dimaksudkan supaya tidak terlalu banyak waktu yang terbuang untuk menulis.


*) Pilih salah satu.


-oO Selesai Oo-

Tidak ada komentar:

Poskan Komentar